Langgar 32 Paten Nokia, Apple Digugat

Jakarta – Jika biasanya Apple yang cari-cari masalah, kini giliran produsen Cupertino, Amerika Serikat (Amerika Serikat) ini yang bisa masalah. Nokia disebut menggugat Apple karena melanggar paten.
Tidak hanya 1 ataupun 2 paten tuduhan pelanggaran paten yang di lakukan Apple, namun sampai 32 paten sekaligus. Kabarnya sejumlah technology yang di gunakan Apple di produknya adalah temuan Nokia, tetapi Apple tidak mau melaksanakan pembayaran lisensi penggunaannya.

“Technology yang meliputi di screen, user interface (UI), software, antenna, chipset serta video coding,” terang Nokia, seperti detikINET kutip dari Ubergizmo.

Nokia mengaku sudah melaksanakan sejumlah pembicaraan dalam beberapa tahun yang belakangan untuk menyelesaikan sebuah persoalan penggunaan paten pada Apple. Tetapi hingga kini belum menemukan titik temu, hingga Nokia memutuskan memakai jalur hukum.

Supaya memuluskan tuntutannya terhadap Apple, pengajuan gugatan tidak akan di lakukan lewat pengadilan di negara Amerika Serikat. Produsen Finlandia ini pun juga disebut akan mengajukan hal yang bisa sama di pengadilan di benua Eropa.

“Setelah beberapa tahun negosiasi mencoba untuk mencapai kesepakatan dengan perusahaan Apple atas paten-paten yang di gunakannya, kini saya memutuskan untuk memperjuangkan hak saya,” jelas Ilkka Rahnasto, head of the Patent Business Nokia.

“Melewati investasi saya yang berkala dalam riset serta pengembangan, Nokia sudah membuat serta berkontribusi untuk banyak technology fundamental yang di gunakan pada gadget mobile ketika ini, termasuk product Apple,” pungkasnya.

Sejauh ini belum ada tanggapan dari perusahaan Apple perihal tuntutan yang akan di ajukan Nokia terhadap perusahaannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *