Cara untuk Menghapus Memori Buruk Sudah Ditemukan

Berdasarkan para ilmuwan, perubahan pada memory khusus tadi bukanlah hal buruk. Mereka yakin, ada keuntungan yang dapat di ambil dari hal itu, dengan menetralkan perasaan murung, takut ataupun malu, dengan cara memblock norepina pherine kimiawi yang di asosiasikan dengan respon untuk kabur ataupun melawan serta pemicu memory.

Dengan memblock kimiawi tadi pada dasarnya akan bisa mengubah bagaimana suatu memory di kembalikan ke tempatnya, setelah diingat bahwa proses ini disebut sebagai “rekonsolidasi”.

Cara lain yang ketika ini sedang diujicoba yakni: dengan cara menghirup sebuah gas xenon, senyawa kimia yang sering di gunakan untuk anastesi di wilayah Eropa. Disimpan kedalam inhaler asthma, gas ini di hirup sambil dengan mengingat suatu memory buruk. Gas ini lalu akan menargetkan reseptor otak, yang di asosiasikan dengan pembelajaran serta ingatan. Proses ini lalu akan menghapus konotasi negatif di memory buruk tadi.

Sayangnya proses-proses diatas mesti menempuh perjalanan panjang sebelum dapat diterapkan pada manusia, terlebih lagi dari perspektif moral. Mengingat memory tertanam cukup dalam di dalam otak, sedikit saja kesalahan dapat mempengaruhi semua pikiran seseorang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *